Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul interaktif terintegrasi Ayat Al-Qur'an menggunakan HTML 5 Package serta mengetahui kevalidan dan kelayakan e-modul interaktif dalam membangun Kompetensi Spiritual (KI-1) pada materi Sistem Tata Surya pada siswa kelas VII di MTs Nurul Huda. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Setelah e-modul interaktif terintegrasi Ayat Al-Qur'an dikembangkan dilakukan uji validitas yang dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi serta dilakukan uji praktikalitas oleh 2 orang pendidik guna menguji kelayakan penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif terintegrasi Ayat Al-Qur'an valid dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase validitas dari ahli media sebesar 85,00% (sangat valid) dan ahli materi sebesar 89,20% (sangat valid). Serta memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai uji praktikalitas sebesar 90,60% (sangat praktis). E-MITA Tata Sura mampu meningkatkan kompetensi spiritual siswa dalam memahami materi Sistem Tata Surya. Siswa menunjukkan minat dan partisipasi aktif dalam penggunaan e-modul yang dinilai dengan tes membaca dan menghafal ayat Al-Qur’an yang terdapat dalam e-modul. Hasil tes membaca siswa (rata-rata 74,00; baik) dan tes menghafal (rata-rata 70,00; baik) menunjukkan bahwa e-modul ini efektif dalam meningkatkan kompetensi spiritual siswa. E-modul ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kompetensi spiritual siswa. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan agama dan sains, serta dapat dijadikan acuan untuk pengembangan e-modul interaktif di bidang lain yang mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dengan materi pembelajaran