Abstract:
Metode pembelajaran adalah suatu cara yang dilakukan oleh guru untuk
membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yaitu pemahaman dalam materi
pelajaran. Sesuai rumusan masalah tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui
keterampilan membaca siswa kelas 2 SDN Sukoharjo sebelum dan sesudah
menggunakan metode suku kata (syllabic method). (2) Untuk mengetahui
pengaruh metode suku kata (syllabic method) terhadap kemampuan membaca
siswa kelas 2 SD Negeri Sukoharjo. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan
pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis
menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu metode tes dan dokumentasi.
Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, dan uji paired sample t-test yaitu untuk mengetahui hasil
pretest dan posttest . Bila pada hasil uji hipotesis terdapat perbedaan, menunjukkan
bahwa metode suku kata berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa. Hal
ini dibuktikan dari hasil analisis SPSS 25 nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Ho
ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan
keterampilan membaca kelas eksperimen dari pretest dan posttest. artinya ada
peningkatan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Faktor pendukung keterampilan
membaca siswa di SDN Sukoharjo yaitu faktor internal diantaranya faktor yang ada
didalam diri siswa tersebut, dan faktor eksternal yaitu faktor yang terdapat dari luar diri
siswa, seperti lingkungan sosial