Abstract:
Rumusan masalah dalam pemelitian ini yang pertama adalah sikap sosial apa saja yang dikembangkan di SD Negeri 1 Taman Agung dan yang kedua adalah bagaimana peran guru di kelas V SD Negeri 1 Taman Agung dalam mengembangkan sikap sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial yang dikembangkan di SD Negeri 1 Taman Agung dan mengetahui peran guru di SD Negeri 1 Taman Agung dalam mengembangkan sikap sosial. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif karena penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keadaan lapangan, menggambarkan dan menjelaskan situasi yang terjadi di lapangan. Dalam prosesnya, peneliti melihat gejala natural dan alamiah, semua kegiatan, keadaan, kejadian, aspek, komponen atau variabel berjalan apa adanya di SD Negeri 1 Taman Agung berupa anggapan dan tindakan. Peneliti juga harus menyelidiki dengancermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok siswa kelas V SD Negeri 1 Taman Agung dengan berbagai prosedur pengumpulan data. Kemudian, pemahaman dilakukan secara holistik dan disampaikan secara deskriptif melalui serangkaian kata dan bahasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil dari penelitian ini adalah Sikap sosial yang dikembangkan V SD Negeri 1 Taman Agung yaitu: jujur, disiplin, percaya diri, tanggung jawab, santun, dan peduli. Peran guru dalam mengembangkan sikap sosial pada V SD Negeri 1 Taman Agung yaitu guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai komunikator